Logo himakom unsia fiks

Press Release adalah Publikasi Informasi melalui Media Massa untuk Masyarakat Luas

Press Release adalah salah satu metode Branding Terbaik? Benarkah?

Kalian pernah mendengar tentang press release, apakah kalian tau apa itu press release? Kali ini kita akan share tentang pengertian press release dan bagaimana cara kerjanya. langsung aja ya..

Jadi Apa itu press release? Press release adalah informasi yang dibuat dan disusun oleh Public Relations(PR) / disebut Humas di suatu industri, organisasi ataupun lembaga dengan tujuan memberikan informasi kepada publik melalui media massa/surat kabar baik online maupun offline. Press release bisa juga disebut sebagai Siaran Pers ataupun Press Rilis.

Sederhananya, penafsiran Press release merupakan sebuah berita  untuk surat kabar ataupun media massa. Google sendiri mengartikan Press release sebagai penyataan formal yang berisi permasalahan tertentu untuk media massa.

Kenapa Branding? Contoh Anda ingin memperkenalkan usaha, perusahaan, startup ataupun produk anda, dengan press release misalkan pemberitaan melalui media massa online atau portal berita besar tentunya membuat perusahaan atau produk dikenal masyarakat luas & terpercaya, yang pada akhirnya meningkatkan trust dan bisa menambah customer. Karena media massa mempunyai traffic terbesar tentunya akan membawa brand awareness yang besar terhadap perusahaan, prosuk atau bisnis anda.

Kenapa kita butuh Press Release?

Pertanyaanya, kenapa suatu industri ataupun lembaga butuh yang namanya Press release?

Jawabanya dapat bermacam- macam.

Sebab lembaga ataupun industri tersebut mempunyai kebijakan baru, mengklarifikasi permasalahan tertentu, mempunyai layanan yang berarti buat dikenal publik, maupun mau melaksanakan promo layanan terkini.

Sebab Press release dikeluarkan secara formal oleh industri yang bersangkutan, sehingga kekuatan informasi yang diberikan sangat akurat.

Struktur Press Release

Nah buat membuat Press release sesungguhnya sama dengan membuat naskah kabar. Disusun dengan metode piramida terbaik dengan struktur:

Judul ( head)

Teras (lead)

Isi (body)

Dapat juga ditambah dengan industri ataupun lembaga mana yang mengeluarkanya pada bagian atas judul. Dapat berbentuk Nama serta Logo Industri (semacam Kop Pesan) kemudian dilanjutkan tulisan PRESS RELEASE ataupun SIARAN PERS di bawahnya. Baru sehabis itu judul Press release.

Judul ditulis mewakili apa yang terdapat di dalam tulisan/berita.

Pada bagian Teras Press release hendaknya mengedepankan subjek/ pelakon dengan menanggapi persoalan siapa melaksanakan apa, di mana, kapan, mengapa, serta bagaimana; dapat berbentuk uraian faktor why serta how.

Pada bagian isi, sebab memakai metode penataan piramida terbalik, hingga bagian yang dikira sangat berarti dan penting ditaruh pada bagian sangat atas. Kemudian secara berentetan bagian berarti, universal serta kurang berarti di bagian bawahnya.

Butuh diingat, bila hendak menulis press release terdapat sebagian yang hendaknya dicermati:

Bagian atas Naskah jelaskan apakah naskah akan disiarkan dalam waktu cepat ataupun pada bertepatan pada waktu tertentu.

Hendaknya pakai Headine ataupun judul press release yang menggambarkan isi press release.

Jangan cantumkan informasi berkaitan dengan lembaga ataupun instansi  kalian di bagian akhir naskah.

Bagikan informasi kontak dibagian akhir berita.

Terakhir cantumkan nama, alamat lembaga, fax, no telepon, e- mail, web serta kontak person yang dapat buat dihubungi.

Kamu tentu hendak mempertanyakan efektiftas press release di zaman sekarang ini bukan?. Sesungguhnya dengan kemajuan teknologi Press Release dapat menjangkau lebih banyak konsumen serta client. Sehingga senantiasa saja Press Release ini hendak menguntungkan bagi anda yang ingin mencobanya. Jadi tidak ragu jika mau melakukan press release.

Karena tata cara branding dengan memberikan informasi perusahaan/industri ini baik buat kamu. Paling utama bila industri kamu sudah mencapai sebagian pencapaian yang lumayan spektakuler. Kualitas industri dapat langsung nampak jelas dalam press release ini. Apakah industri tersebut betul- betul bisa menguntungkan konsumen serta client atau tidak.

Seberapa unggul industri dapat nampak dalam press release merupakan perihal termudah buat melaksanakan analisisnya. Bila kamu ragu apakah hendak menggunakan press release atau tidak kamu dapat menyimak sedikit keuntungan yang dapat didapatkan dalam press release ini.

Bisa Digunakan Bermacam- macam Tipe Perusahaan

Secara general Press Release dibagi jadi 3 tipe ialah basic press release, setelah itu product release serta terakhir financial release. Ketiga press release tersebut mempunyai keuntungannya masing-masing. Tergantung kamu hendak memakainya buat apa. Dapat dilihat contohnya bila industri hendak meluncurkan suatu product baru.

Jadi press release merupakan metode terbaik buat melaksanakan promosinya. Pasti saja dengan memilah tipe press release, product release. Secara khusus kamu dapat membagikan informasi berarti terpaut keuntungannya. Dan perbedaannya dari produk yang terbuat oleh kompetitor.

Berikutnya financial release, ini umumnya digunakan buat pemberian informasi kepada client serta pemodal yang lain.

Kesehatan finansical industri dapat langsung nampak bila menghasilkan press release tipe ini. Jadi tidak butuh lagi industri menggembor- gemborkan data finansial perusahaannya. Lumayan bagikan saja finansial release ini dengan begitu khalayak ramai hendak mengenali keadaan keuangan industri tersebut.

Terakhir merupakan basic release, press release yang tercantum kedalam jenis ini lebih general. Umumnya industri yang baru berdiri hendak membagikan press release tipe ini. Tentu Press Release ini bisa menjadi alternative pengiklanan yang soft & memberi edukasi yang bagus dilakukan perusahaan serta bisa juga untuk memperkenalkan perusahaan, produk atau startup baru.

Release Terbaru

Send Us A Message

Artikel Lainya

Logo himakom unsia fiks putih

Periode 2023/2024

Himpunan Mahasiswa Komunikasi
Universitas Siber Asia Jakarta

Copyright@himakom.unsia.or.id 2023. All rights reserved